SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SURAT ELEKTRONIK (E-MAIL)
Oleh : Diky Ritiduian
Kelas : XI IPA 2
SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji
syukur ke hadirat Allah atas segala Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas dengan judul “Sejarah
dan Perkembangan Surat Elektronik”
sebagai salah satu tugas. Dan juga saya berterima kasih pada Bapak Dedy Eka
Wibowo selaku guru TIK yang telah memberikan tugas ini.
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang surat elektronik. Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang surat elektronik. Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi
saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya, saya mohon maaf apabila terdapat
kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran dari
Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.
Surabaya, 16 Agustus 2016
Penysun
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar…………………………………………………………………………….. .i
Daftar Isi…………………………………………………………………………………….ii
Bab I : Pendahuluan…………………………………………………………………………1
1.1
Latar Belakang
1.2 Tujuan
Wawancara
1.3 Ruang
Lingkup Materi
Bab II : Dasar
Teori…………………………………………………………………………...2
Bab III :
Pembahasan………………………………………………………………………….4
Bab IV : Penutup……………………………………………………………………………..10
4.1 Kesimpulan
Bab V : Daftar
Pustaka……………………………………………………………………….12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Surat Elektronik atau E-Mail adalah kegiatan surat menyurat
(berkirim surat) menggunakan jaringan Internet. Surat Elektronik lebih mudah
digunakan daripada surat yang dikrim di pos. Selain itu surat elektronik lebih
murah dibandingkan surat biasa karena surat elektronik tidak perlu menggunakan
perangko dan dikrim melalui pos, hanya perlu
menggunakan internet. Melalui email kita
dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar
1.2 Tujuan
Wawancara
1. Menjelaskan
tentang Sejarah dan Perkembangan Surat Elektronik / Dasar Teori
2. Menjelaskan tentang Komponen Email
3. Menjelaskan
tentang Macam dan Jenis Surat Elektronik.
4. Menjelaskan Fungsi dan Kegunaan Email
5. Menjelaskan tentang Cara Membaca Surat Elektronik
6. Menyebutkan tentang Istilah Dalam Penggunaan Email
7. Menjelaskan
Dampak dari Surat Elektronik
8. Menjelaskan tentang Metode Pengiriman Email
1.3 Ruang
Lingkup Materi
Surat
Elektronik atau E-Mail adalah kegiata surat menyurat (berkirim surat)
menggunakan jaringan Internet. Format surat yang di gunakan Email adalah format
surat digital, berbeda dengan surat yang biasa kita temui dan di kirim lewat
kantor pos dibuat menggunakan kertas dan tinta. Email hanya dapat dikirm dan di
gunakan lewat internet saja.
BAB II
DASAR TEORI
Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah
kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. E-mail
bermula pada tahun 1968, di sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and
Newman (BBN) dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menyelesaikan proyek
yang disebut ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) yang kemudian
berubah menjadi Internet. ARPANET sendiri adalah proyek yang semula bertujuan
untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan
pendidikan satu sama lain.
Kemudian
pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam
program yang disebut SNDMSG. Program ini bukanlah program baru, karena
sebenarnya program tersebut sudah ada sejak sekian tahun silam. Dilihat dari
standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih primitif. Apa yang
bisa dilakukan oleh program tersebut hanyalah saling mengirim pesan kepada
sesama pengguna dalam satu mesin yang sama. Ketika pengguna membuat pesan /
dokumen dalam bentuk teks, selanjutnya pesan tersebut akan dikirimkan ke dalam
kotak surat yang ada pada mesin itu.
Awalnya Ray bereksperimen dengan
program SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah
komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer tersebut dapat membaca
pesan yang ditinggalkan. Lalu, dia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan
file protokol yang dinamakan CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengiri
pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPANET. Itulah awal mula
terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan email yang pertama kali dikirim Ray dan
merupakan e-mail yang pertama kalinya di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Selanjutnya
pada tahun 1972, Ray memperkenalkan icon ‘@’ yang berarti “at” atau “pada”
sebagai identitas email untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat
email.
Salah satu program email pertama
yang terbesar yang dapat digunakan untuk umum adalah Eudora. Email ini pertama
kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Domer yang pada saat itu ia adalah
seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora
diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari AS. Eudora adalah
client emai (email berbasis client) pertama yang menyediakan grafis antarmuka.
Pada saat pertama muncul, email ini bersifat gratis meski setelah dibeli oleh
Qualcomm pada tahun 1994 dan menjadi produk professional.
Seperti
aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun. Lalu dengan
cepat tergantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua
client email tersebut kemudian menjadi popular, tidak hanya lebih baik dari
Eudora namun juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web
browser.
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
Komponen Email
Sebuah alamat email terdiri atas dua
bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang menunjukkan
identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan
nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @
(contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas
domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
B.
Macam dan Jenis Email
Ditinjau
dari segi basisnya, Email dikategorikan menjadi 2 macam, yakni Email berbasis
Client (Email Client) dan Email berbasis Web (Web Based Email). Perbedaan
diantara keduanya adalah:
·
Untuk para pengguna email berbasis Client (Email Client),
aktifitas email dilakukan dengan menggunakan piranti lunak email client.
Piranti lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email
secara offline (tanpa sambungan internet). Sedangkan koneksi internet hanya
dibutuhkan pada saat pengiriman dan penerimaan email. Contoh dari piranti
tersebut adalah Eudora, Outlook Express dan Mozilla Thunderbird.
§ Untuk email berbasis Web (Web Based
Email), aktifitas dilakukan dengan menggunakan aplikasi email yang ditawarkan
oleh situs penyedia layanan email. Bila ingin mengirim atau memeriksa email,
pengguna harus masuk ke website penyedia layanan email tersebut untuk
mengaksesnya.
Terdapat 3 jenis
Email, yaitu POP mail, Web mail dan Email Forwarding.
1. POP Mail : Email jenis
POP mail, adalah type email yang diterima melalui Internet Servis Provider
(ISP). Jenis ini biasanya banyak digunakan di jaringan kantor maupun
perusahaan. POP mail adalah email berbasis client.
Kelebihan :
Email dapat
dibaca secara offline, pengguna hanya perlu connect ke server POP mail pada
saat mengecek email masuk lalu mendownloadnya dan setelah itu pengguna dapat
mematikan koneksi internetnya.
Dengan demikian
biaya koneksi internet dapat dihemat.
Kekurangan :
Keterbatasan
tempat untuk mengakses email, karena pengguna hanya dapat mengaksesnya dengan
komputer di lingkup area jaringan ISP.
2. Web Mail
Web mail (Web
Based Email) adalah jenis layanan email yang banyak ditawarkan oleh situs-situs
web penyedia layanan email, seperti Google dengan Gmail dan Yahoo dengan Yahoo
Mailnya.
Kelebihan :
Karena berbasis
web, maka pengguna dapat mengakses email dimanapun ia berada.
Kekurangan :
Untuk mengecek
email, maka pengguna harus selalu terhubung dengan koneksi internet.
3. Email Forwarding
Email
Forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang masuk atau diterima
ke alamat email yang lain. Menggunakan layanan ini, pengguna dapat
menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, dan selain itu tidak perlu
memberi tahu email yang baru. Email jenis ini sepertinya sangat bermanfaat bagi
orang yang sering ganti alamat email.
C.
Fungsi dan Kegunaan Email
Tidak dapat dipungkiri bahwa di era
digital seperti sekarang ini, Email adalah salah satu alat komunikasi yang
penting dalam dunia bisnis internet, online shop, pekerjaan kantor, bahkan
didunia edukasi atau pendidikan sekalipun.
Berikut adalah beberapa fungsi dan
kegunaan dari Email yaitu :
§ Sebagai alat komunikasi yang tidak
terikat waktu dan tempat, sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.
§ Sebagai media pengiriman file-file
digital seperti dokumen serta berkas-berkas penting, mp3, dsb.
§ Sebagai alat untuk mendaftarkan diri
di situs website, seperti portal universitas, media jejaring sosial, juga
sebagai kontak kita pada saat melamar pekerjaan, jual-beli online, dsb.
D.
Cara Membaca Surat Elektronik E-mail
Surat elektronik pada
mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi
ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik
gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik
ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat
elektronik :
1. Dengan cara
menggunakan 'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox.
Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
2. Menggunakan program pengakses
surat elektronik (e-mail client), seperti:Eudora Mail, Outlook
Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird,
Mutt.
Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan uluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi keinternet dapat dihemat.
Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan uluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi keinternet dapat dihemat.
E.
Istilah Dalam Penggunaan Email
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya
sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang
dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat
lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa
memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum
dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak
baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai
spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk
disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail
baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan
file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
F.
Dampak Penggunaan Email
E-mail memiliki dampak yang besar pada jumlah informasi yang dikirim diseluruh
dunia. Hal ini telah menjadi metode penting dari transmisi informasi yang
sebelumnya disampaikan melalui surat biasa, telepon, kurir, fax, televisi,
atauradio. E-mail, bagaimanapun, juga telah disalahgunakan oleh seseorang untuk
bisnis tertentu yang mengirimkan pesan komersial yang tidak diminta / e-mail
yangbiasa kita kenal sebagai spam.
Untuk mengatasi masalah ini, Kongres AS pada tahun 2003 disahkan
undang-undang yang dirancang untuk mengurangi spam. Undang-undang membuatnya
ilegal untuk mengirim pesan e-
mail yang menggunakan baris subjek yang menipu dan alamat mengembalikan
false, memberikan denda setinggi $ 6 juta dan
penjara mungkin bagi pelanggar.
Pengirim dari konten pornografi dewasa-yang terkait harus
secara jelas mengidentifikasi konten tersebut di baris subjek.
Undang-undang mengharuskan semua e-mail pesan komersial, diminta atau tidak
diminta, untuk menyertakan sebuah alamat pos yang valid dan mekanisme out-put
dalam tubuh teks sehingga penerima dapat mencegah pengumpulan masa depan
e-mail.
Para supplants undang-undang federal memberikan semua undang-undang negara
sebelumnya dan memerlukan beberapa perubahan perilaku pada bagian pengguna
e-mail. Sebelumnya, e-mail pengguna yang disarankan untuk tidak menanggapi spam
karena respon tersebut hanya akan memverifikasi keabsahan dari alamat e-mail.
Untuk undang-undang baru untuk bekerja, bagaimanapun, e-mail penerima harus
memberitahu pengirim bahwa permohonan mereka tidak di inginkan lagi.
Federal Trade Commission (FTC) adalah menyusun database pelanggar spam.
Orang yang menerima pesan spam atau yang terus menerima pesan yang tidak
diminta setelah pemberitahuan seharusnya meneruskan permohonan
untukuce@ftc.gov untuk mengajukan pengaduan dengan FTC.
G.
Metode Pegiriman Email
Untuk mengirim surat
elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat
elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai
di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram
dibawah.
Contoh yang dipakai adalah
layanan SMTP dan POP3.
Saya menulis surel => e-mail
client (di komputer saya) =>> SMTP server penyedia e-mail
saya=>> Internet =>> POP3 server penyedia e-mail penerima =>>
email client (di komputer si penerima) =>> surat dibaca si penerima.
Terlihat surat elektronik
yang terkirim hanya melalui 5 poin
(selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab
setelah suratelektronik meninggalkan
POP3 Server maka itu akan melalui
banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan
surat elektronik yang kita kirim disadap
orang lain. Maka dari itu bila surat
elektronik yang kita kirim mengandung isi yang
sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak
(enkrip) data dalam surat elektronik
tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Kelebihan Penggunaan Email
1. Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke
kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik
pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim
melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant
Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan
dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan
penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke
luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli
kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan
ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
2. Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
Kelemahan Penggunaan Email
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi
dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut
disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh
oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan
rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas
seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox
sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah
(junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail
setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami
keterlambatan.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.asalasah.com/2012/02/sejarah-dan-perkembangan-email.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar